BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Bedasar kan analisa tersebut kita dapat mengetahui kinerja dosen kebidanan.Hasil analisis uji pengaruh secara multivariat dengan regresi logistik
metode enter setelah semua varibel bebas yang berpengaruh
terhadap variabel terikat secara bivariat dimasukkan secara bersama–
sama diperoleh hasil bahwa variabel motivasi berpengaruh terhadap
variabel kinerja dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar
(p=0,008) dengan nila Exp(b) = 25,870 dan variabel kepuasan
berpengaruh terhadap variabel kinerja dosen dalam melaksanakan
proses belajar mengajar (p=0,047) dengan nila Exp(b) = 11,209. Hal
ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja dosen dalam
melaksanakan proses belajar mengajar perlu ditingkatkan motivasi dan
kepuasan secara bersama-sama.
B. SARAN
1. Bagi Progam Studi Kebidanan Magelang
a. Perlu pengurangan beban kerja yang bersifat teknis pada dosen
usia tua, tetapi pembinaan kepada dosen yang lebih muda tetap
dilakukan oleh karena pengalamannya dengan disertai SK (Surat
Keputusun) pembinaan.
b. Kepuasan responden berdasarkan temuan penelitian dapat
ditingkatkan melalui beberapa cara sebagai berikut : penyusunana
silabi perlu didiskusikan secara team, tugas mata kuliah yang
diberikan hendaknya sesuai dengan bidang keahliannya, jumlah
SKS yang diampu hendaknya sesuai jabatan dosen, alat peraga
yang disediakan hendaknya bisa membantu dalam PBM
c. Bagi Dosen Program Study Kebidanan Magelang
Hasil penelitian kinerja ini diharapkan sebagai bahan evaluasi diri, agar
dapat menumbuhkan dan meningkatkan tugas pokok dosen terutama
dalam melaksanakan proses belajar mengajar
d. Bagi Politeknik Kesehatan Semarang
Hasil penelitian kinerja ini diharapkan dapat sebagai bahan
pertimbangan penataan dan mengembangan dosen jurusan kebidanan
e. Bagi Peneliti lain
Perlu penelitian lebih lanjut dengan penelitian kualitatif melalui
wawancara mendalam tentang faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap kinerja dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar
agar dapat diungkap informasi yang lebih lengkap dan komprehensif
DAFTAR PUSTAKA
1. Dep.Kes.RI. Pedoman Organisasi Dan Tatalaksana Politeknik Kesehatan.
Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Jakarta.
2003
2. Dep.Kes.RI. Standard Pelayanan Kebidanan, Jakarta. 2001
3. Dep.Dik.Nas. Pendidikan Sebagai Sistem. Dirjen Dikti. Jakarta. 2001
4. Mulyasa, E. 2005,Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran
Kreatif Dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya., Bandung. 2005
5. Kep.Men.Kes..Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Jabatan
Fungsional Dosen. Jakarta. 2004
6. Kep.Men.Diknas. 2001. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit
Jabatan Fungsional Dosen. Jakarta.2001
7. Anonim. UU Guru Dan Dosen No.14 .Fokusmedia. Bandung. 2005
8. Kep.Men.Kes-Sos.RI. Organisasi Dan Tata Laksana Politeknik Kesehatan.
Jakarta. 2005
9. Sek.Badan PPSDM. Prosedur Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan
Fungsional Dosen di Lingkungan Dep.Kes.. Jakarta.2005
10. Djohar, H. Pendidikan Dan Pembinaannya, CV.Gravika Indah, Yoyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar