TO A NEW BEGINNING

TO A NEW BEGINNING

Translate Languange

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 23 November 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PRODI KEBIDANAN MAGELANG POLITEKNIK KESEHATAN

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Di era globalisasi masyarakat semakin kritis terhadap mutu
pelayanan kesehatan. Bidan sebagai tenaga kesehatan dituntut
memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai standart, sehingga
diharapkan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian
Bayi. Dalam upaya menghasilkan pelayanan kesehatan yang bermutu
tinggi, maka mutu SDM kesehatan perlu ditingkatkan melalui
pengembangan kualitas institusi pendidikan. Salah satu upaya untuk
meningkatkan kualitas institusi pendidikan yaitu melalui peningkatan
kinerja dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diketahui bahwa kinerja
dosen dalam proses belajar mengajar di Program Studi Kebidanan
Magelang belum optimal. Dari survey pendahuluan pada bulan September
2006 didapatkan data sebagian dosen tidak membuat SAP, pembuatan
silabi oleh dosen mengalami penurunan dari tahun akademik 2004/2005
yaitu 58% menjadi 43 % pada tahun akademik 2005 / 2006. Pada
pelaksanaan proses belajar mengajar rata–rata kehadiran dosen belum
memenuhi standart kehadiran dosen > 75 % yaitu hanya tercapai 69,6 %
pada kelas reguler dan 69,1 % pada kelas ekstensi. Beberapa dosen tidak
memberikan umpan balik tugas–tugas perkuliahan. Nilai hasil ujian masuk
ke bagian evaluasi hanya 30 % dosen yang tepat waktu. Disisi lain kinerja
dosen dipengaruhi oleh faktor individu yang meliputi kemampuan,
ketrampilan, kepuasan, latar belakang, karakteristik/demografis (usia, jenis
kelamin, status perkawinan, pendidikan) dan faktor psikologi yang meliputi
persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi serta faktor oragnisasi yang
meliputi kepemimpinan, imbalan, kondisi kerja, nilai sosial dan
supervisi
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan Umum :
Mengetahui dan menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi
kinerja dosen Prodi Kebidanan Magelang dalam melaksanakan proses
belajar mengajar

RUANG LINGKUP
1. Lingkup masalah
Masalah dibatasi pada faktor–faktor yang berpengaruh terhadap
kinerja dosen Prodi Kebidanan Magelang dalam proses belajar
mengajar
2. Lingkup keilmuan
Bidang manajemen kinerja SDM pendidikan kebidanan
3. Lingkup tempat
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Kebidanan Magelang
4. Lingkup metode
Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan
cross sectional
5. Lingkup sasaran
Semua pendidik/dosen tetap Prodi Kebidanan Magelang
6. Lingkup waktu
Penelitian dilaksanakan mulai sejak kapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar