ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KHUSUSNYA DI BANK SYARIAH
LATAR BLAKANG MASALAH
Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan
dihadapkan dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga
komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu
teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa
tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap konsumen. Kualitas pelayanan
yang diberikan adalah merupakan kinerja terpenting oleh perusahaan bagi
kepuasan konsumen/ pelanggan. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal penting
bagi konsumen, supaya mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang
diharapkan.
Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan sementara yang kemungkinan benar atau
kemungkinan juga salah. Hipotesis tersebut akan ditolak jika ternyata salah, dan
akan diterima jika fakta-fakta membenarkan. Oleh karena itu, pada penulisan
laporan ini, penulis akan mengajukan hipotesis sebagai berikut :
”Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kesigapan, keandalan,
jaminan, empati, dan bukti langsung terhadap kepuasan nasabah”
Metode Penelitian
1. Data
a. Data primer
Data primer adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber pertama baik
dari individu atau perseorangan, seperti hasil wawancara atau hasil
pengisian kuisioner3.
b. Data sekunder
Data sekunder adalah data primer yang telah diolah lebih lanjut dan
disajikan baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain
2. Metode pengumpulan data
a. Metode observasi
Yaitu dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung sehingga
dapat menganalisis berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan
b. Metode wawancara
Yaitu dengan cara mengadakan tanya jawab secara langsung dengan
nasabah sebagai pengguna jasa BMT Kaffah Yogyakarta
c. Metode kuisioner
Yaitu dengan cara melakukan pengumpulan data yang disajikan dalam
bentuk pertanyaan-pertanyaan kepada responden terkait dengan pelayanan
yang diterima sehingga responden dapat memberikan jawaban atas
pertanyaan secara tertulis.
d. Metode pengambilan sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang dijadikan sebagai obyek
penelitian. Karena keberadaannya merupakan bagian dari populasi, tentulah ia
memiliki ciri-ciri yang dimiliki oleh populasinya. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jenis
sampelnya adalah quota sampling. Dalam teknik purposive sampling,
seseorang atau sesuatu diambil sebagai sampel karena peneliti menganggap
bahwa seseorang atau sesuatu tersebut memiliki informasi yang diperlukan
Analisis Regresi
Analisis regresi adalah salah satu analisa data statistik yang memanfaatkan
hubungan antara dua variabel yaitu variabel independen (prediktor) dan variabel
dependen (respon) untuk memperoleh suatu persamaan regresi. Persamaan regresi
ini dapat dipergunakan untuk keperluan peramalan atau pendugaan. Dalam
penelitian ini persamaan regresi yang diperoleh dapat digunakan untuk melihat
sejauh mana kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BMT
Kaffah.
Kesimpulan
- Faktor Assurance (jaminan) dan Tangibles (kemampuan fisik) adalah faktor
dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan nasabah BMT Kaffah Yogyakarta.
- Faktor Tangibles (kemampuan fisik) adalah faktor yang paling dominan
berpengaruh pada kepuasan nasabah BMT KAFFAH Yogyakarta. Karena
nilai signifikansi dari faktor tersebut paling kecil, yaitu 0.
Saran
Dari kesimpulan atas hasil penelitian tersebut, maka kepada pihak BMT
Kaffah supaya mempertahankan kualitas pelayanan terutama dari segi Assurance
(jaminan) dan Tangibles (kemampuan fisik) karena kedua hal tersebut berkorelasi
positif terhadap kepuasan nasabah.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung, Diponegoro, 2005
Cochran, William G., Teknik Penarikan Sampel, Jakarta, UI Press, 1991
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta, Salemba Empat,
1999
Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Jakarta, PT
Salemba Empat, 2004
Profile, Company, BMT Kaffah Yogyakarta, 2005
Qardhawi, Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta, GIP, 1997
Rangkuti, Freddy, Measuring Custemer Satisfaction, Jakarta, Gramedia Pustaka,
2000
Santoso, Singgih, dan Tjiptono, Fandy. RISET PEMASARAN : Konsep dan
Aplikasi dengan SPSS. Elex Media Komputindo. Jakarta. 2001
Suharsimi, Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta, 2003
Sukardi, Penelitian Kualitatif-Naturalistik; Dalam Pendidikan, Yogyakarta,
Usaha Keluarga, 2006
Syahri, Alhusin, Drs. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS 10 for windows.
Graha Ilmu.Yogyakarta. 2002.
Tjiptono, Fandi, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Jogjakarta, Andi Offset, 1997
Umar, Husain, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta, PT Gramedia
Pustaka Utama, 2000.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar